JABAR GEMPA LAGI ...

Baru beberapa waktu yang lalu Jabar ditimpa berbagai musibah dari yang kecil sampai yang besar, beberapa bulan yang lalu menimpa Jabar, kini kita dikagetkan lagi dengan peristiwa Gempa yang terjadi di SUKABUMI.
Informasi dari BMKG Bandung menyebutkan, gempa berkekuatan 6.0 skala Richter terjadi Selasa (18/5) pukul 18.59 WIB. Pusat gempa di 8.22 LS, 107.21 BT, 147 Km tenggara Sukabumi, dengan kedalaman 13 Km.

Guncangan gempa sangat mengagetkan warga di Kec. Jampang Kulon, K Sukabumi. Mereka sempat berlarian keluar rumah saat guncangan terjadi. “Kami sempat berlarian keluar rumah saat gempa terjadi. Kami merasakan getaran cukup kuat,” kata Ny. Uun, warga Jampang Kulon, keika dihubungi PRLM.

Getaran juga dirasakan warga Sindangbarang di wilayah Selatan Kabupaten Cianjur. Warga di sana sempat meninggalkan rumah karena trauma dengan kejadian gempa yang merusak rumah mereka beberapa waktu lalu. Namun setelah yakin tidak ada gempa susulan, mereka kembali ke rumahnya masing masing.

Guncangan pun dirasakan dengan intensitas cukup kuat oleh warga Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Camat Pangalengan Haris Taupik bahkan langsung mengirimkan SMS kepada setiap kepala desa di Kec. Pangalengan. "Di Kec. Pangalengan, gempa terasa cukup kuat, walaupun tidak sebesar yang dirasakan awal September lalu," ucap Haris.

Getaran Gempa Sukabumi ini juga dirasakan juga cukup kuat di daerah Jabar Timur, di Banjar dan Ciamis selatan, warga merasakan dua kali, selama beberapa detik. "Kami langsung berhamburan ke luar rumah begitu gempa terasa cukup kuat dua kali," kata Andi Sose dan Dodo Taryana, warga Pangandaran, Ciamis, melalui telepon selularnya. Hal sama disampaikan Arifin, warga Banjarsari dan Aceng di Kalipucang.

Menurut Andis yang rumahnya berada di kawasan Pantai Pangandaran, yang dikhawatirkan bila terjadi gempa adalah munculnya tsunami. Jangan heran, jika warga langsung melihat muka air laut. Mereka mewaspadai munculnya tsunami.

Gempa Sukabumi, seperti diinformasikan BMKG, tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini, belum ada laporan tentang korban atau kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. (A-162/A-116/A-175/A-112/das).
Bencana silih berganti terjadi tidak pernah berhenti, kita meyakini ini bukan berarti Alloh zalim terhadap hambanya, Alloh sangat mengharamkan berbuat zalim terhadap hambanya, Alloh menyampaikan rasa sayangnya terhadap hamba-hambanya yang beriman. Alloh ingin menguatkan Iman hamba-hambanya yang beriman, bahwa setiap saat dan setiap waktu hendaknya kita selalu ingat kepadanya. ketika manusia merasa tenang dengan segala fasilitas kehidupan yang ada dengan melupakan Alloh maka pada dasarnya hamba sedang menghancurkan hidupnya sendiri. Alloh mengingatkan semua yang ada di dunia yang selalu dijadikan penolong oleh manusia, tidak punya kemampuan apa-apa manakala Alloh menghancurkan semuanya. Dengan begitu maka kita baru sadar lagi sehingga kembali kepada Alloh. Semoga saudara-saudara yang sedang diuji diberi kekuatan oleh Alloh dan kita pun bisa mengambil hikmah atas peristiwa yang terjadi. Amin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Modul 4 Bahasa Inggris

Membangun Karakter Cara Islam

MUBTADA (المبتدأ) DAN KHABAR (خبر)